Studi Kasus Membangun Jaringan Lokal

Posted: Minggu, 06 November 2011 | Diposting oleh rukmana mulya | Label: ,
Baru inget ternyata ada tugas dari Pak Tedi Gunawan,S.T.,M.KOM. dosen Jarkom II di suruh Membangun Jaringan Lokal dengan ketentuan sbb :
  1. Jaringan Ruangan A : 5 PC Yang Saling terhubung dengan menggunakan media Kabel
  2. Jaringan Ruangan B : 5 PC Yang Saling terhubung dimana 3 PC Menggunakan Media Kabel & 2 PC Menggunakan Media Wirelles
  3. Jaringan Ruangan C : 5 PC Yang Saling terhubung menggunakan media Wirelles 
Buat Topologi Jaringan,Kelas IP dan Alat apa saja yang harus di pergunakan agar Jaringan tersebut dapat saling terhubung satu sama lainya.

Mungkin logika tiap orang akan berbeda dalam membangun sebuah jaringan tergantung alat dan sumberdaya yang mendukung serta biaya untuk membangun Jaringan Tersebut.

Nah Pada Studi Kasus Ini saya akan mencoba membuat Simulasi Jaringan dengan Cisco Packet Tracer

Topologi apa yang akan dipergunakan ?


Saya akan mencoba menggunakan Topologi Star 





Karna dalam studi kasus ini disuruh membuat Jaringan Lokal  maka saya akan mempergunakan IP Private Klas C

192.168.0.1/24
192.168.1.1/24

Kenapa IP Private ? 

Karna IP Private hanya bersifat lokal & tidak bisa digunakan untuk mengkses internet.jadi dalam studi kasus ini jaringan tersebut hanya bisa dimanfaatkan untuk share data dan share printer saja.

Alat Apa saja yang dipergunakan ?

Pada Studi Kasus ini saya menggunakan 1 Router,2 Switch ,2 Accsess Point,NIC/network interface card (8 etthernet,dan 7 wireless),11 kabel Straight.

Rencananya Pada Praktek ini saya akan mengaktifkan dhcp pada router


kira kira disain jaringannya seperti ini





Pada Jaringan A 5 PC dihubungkan menggunakan Kabel Straight pada Switch dan diteruskan pada Router yang nantinya akan memberikan IP scara DHCP ,Ip yang digunakan 192.168.0.1/24 255.255.255.0
Sedangkan Pada Jaringan B & C Saya saya menggabungkan IP lokal 192.168.1.1/24 255.255.255.0 sehingga apabila Accsess point Salah satu dari jaringan tersebut mati,maka Accsess Point yang satunya lagi dapat membackup Accses Point yang mati tersebut,sehingga jaringan tersebut tidak akan terganggu dan masih dapat terhubung pada jaringan A.
 

Video Setting Router DHCP Pada Cisco Packet Tracer


2 komentar:

  1. kholidil amin mengatakan...
  2. siip gan...
    qw juga pernah pelajaran tentang ini gan

  3. rukmana mulya mengatakan...
  4. @kholdil Amin : hoho ia gan kalo saya paling seneng disuruh buat tugas beginian hehe

Posting Komentar